Presiden Iran Ucapkan Selamat Tahun Baru untuk Yahudi


Presiden Iran yang baru dilantik, Hassan Rohani, pada Rabu (04/09), lewat akun Twitter-nya mengucapkan selamat tahun baru untuk warga Yahudi, khususnya yang tinggal di Iran.
“Saat matahari akan terbit di Teheran, saya ucapkan kepada seluruh umat Yahudi, khususnya Yahudi Iran, selamat merayakan Rosh Hashanah,” demikian kicauan Rohani, seperti dilansir dari Al-Arabiya dan Kiblat Net.
Rosh Hashanah adalah tahun baru tradisional umat Yahudi, biasanya jatuh ada awal musim gugur di belahan bumi sebelah utara.
Pernyataan Rohani ini menjadi istimewa karena selama ini Iran tidak pernah menunjukkan sisi positifnya secara terbuka terhadap umat Yahudi.
Pendahulu Rohani, Mahmoud Ahmadinejad dikenal sangat sering mengeluarkan pernyataan kontroversial terhadap umat Yahudi dan Israel.
Ahmadinejad bahkan menganggap bencana holocaust pada Perang Dunia II tak lebih dari sekadar mitos dan kerap menyerukan pemusnahan Israel.
“Bahkan saat Iran masih berbentuk kerajaan seingat kami tak ada ucapan semacam ini,” kata cendekiawan kelahiran Iran yang kini mengepalai program Timur Tengah di Lembaga Internasional Woodrow Wilson, Haleh Esfandiari.
Jumlah umat Yahudi di Iran saat ini berkisar 9.000 jiwa dari total 77 juta warga Iran, hal itu menjadikan warga Yahudi Iran sebagai populasi Yahudi terbesar di Timur Tengah setelah Israel.
Meski kicauan Rohani itu sudah tersebar, namun Rohani  secara pribadi belum memverifikasi pesan Twitter itu.

0 komentar:

Posting Komentar

Raih Amal Shaleh, Sebarkan Artikel Ini...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More