Keberkahan Jalaluddin Rakhmat dan Ajakan Dialog


Gedung IMMIM di Jl. Jend. Sudirman, Makassar, menjadi pilihan IJABI Sulsel menyelenggarakan Maulid Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yang dibuka oleh Tim Shalawat Al-Banjary.
Jalaluddin Rakhmat bersama Dr. Mustamin Arsyad, Ketua Tarekat Syadziliyah Sulsel, menjadi pemateri untuk membawakan hikmah maulid yang diselenggarakan pada pukul 16.00, 23/2/2013.
Setelah kedua pembawa hikmah maulid menyampaikan materinya, mereka berdua saling bertukar buku karya masing-masing. Dr. Mustamin Arsyad menghadiahkan buku karyanya, Islam Moderat: Refleksi Pengamalan Ajaran Tasawuf, kepada Jalaluddin Rakhmat, begitu juga sebaliknya.
Di akhir acara, sebagaimana yang terjadi pada acara asyura 1434 H di gedung Graha Pena Fajar, Jalaluddin Rakhmat diburu oleh para pecintanya untuk mengambil berkah darinya. Di antara mereka ada yang mencium bahu sebelah kanan beliau dan setelah itu tersenyum ke arah temannya yang lain sebagai tanda bahagia. Di antara mereka ada yang membuka air gelas Olimpyc untuk diminum oleh ketua Dewan Syura IJABI tersebut dan sisanya diminum dan bahkan diperebutkan oleh mereka untuk mendapat berkah sisa air minum beliau. Dan banyak di antara mereka mencium tangan Jalaluddin Rakhmat yang telah beliau sodorkan dari awal.
Dalam beberapa hadis disebutkan bahwa sisa air wudhu dan air minum Nabi diperebutkan oleh para sahabat. Air ludah beliau dapat menyembuhkan penyakit mata yang diderita Ali bin Abi Thalib. Bahkan keringat beliau dijadikan parfum oleh ibunda Anas bin Malik. Namun Jalaluddin Rakhmat yang diperebutkan sisa air minumnya tersebut hanyalah manusia biasa yang juga memiliki kekeliruan.
Menurut hemat kami, hal seperti ini bisa dikategorikan ghuluw (berlebih-lebihan). Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali radhiyallahu anhum ajma’in yang sudah dijamin masik Surga tidak pernah diperlakukan demikian.
Ajakan Dialog
Setelah itu, Ust. Said naik ke panggung acara yang tidak terlalu tinggi dan menawarkan dialog kepada beliau. “Begini saja Pak Jalal, kita tuntaskan masalah kita, kita dialog dengan tema Imamah,” tawar ketua LPPI. “Boleh” jawab ketua Dewan Syura IJABI tersebut. “Pak Jalal bisa memanggil teman Bapak dari Iran dan saya juga akan memanggil teman saya dari Arab, karena mungkin ada pertanyaan yang tidak bisa saya jawab, bisa dijawab oleh teman saya dari Arab. Dan begitu juga kalau ada pertanyaan yang tidak bisa dijawab oleh pak Jalal, dijawab oleh Ulama dari Iran.” Ketua Umum IJABI, Syamsuddin Baharuddin menimpali, “Siapa penyelenggaranya?” “Ya…. bisa IMMIM atau yang lain” jawab wakil ketua Muhammadiyah kota Makassar ini. “Boleh, kalau LPPI penyelenggara, kami tidak setuju. Kalau IMMIM kami setuju” Setelah itu beliau keluar meninggalkan gedung IMMIM yang di Jl. Jend Sudirman Makassar.
Tak berselang lama setelah itu, kami kirim surat kepada pihak IMMIM mengharapkan bantuan menjadi panitia penyelenggara diskusi antara pihak LPPI dan pihak IJABI, berikut ini surat kami,

Menurut berita, Insya Allah pada jumat besok, 8 maret 2013, pengurus DPP IMMIM akan mengadakan rapat penentuan apakah dialog ini disetujui akan dilaksanakan oleh IMMIM atau tidak. Kita berdoa mudah-mudahan IMMIM dapat menjadi solusi bagi permasalahan umat. (Muh. Istiqamah/lppimakassar.com)

3 komentar:

Semoga اَللّهَ swt memberikan kemudahan dlm urusan menegakkan agama اَللّهَ swt dan nenjadi jalan hidayah bagi orang2 syiah....آَمِيّـٍـِــــنْ يَآرَبْ آلٌعَآلَمِِـيِــن

bismillah.. sudah adakah jadwal dialognya ust?

Maaf kami lupa infokan, bahwa acara dialog ini tidak disetujui oleh pihak pengelola IMMIM. Sehingga kami menunggu ada lembaga lain yang mau memediasi. Namun untuk sementara, dialog sebelumnya telah memberikan wajah asli Syiah, yaitu mereka tidak mau hidup damai dengan kita, dengan cara terus-menerus mengadakan acara asyura (tempat penanaman dendam kesumat kepada sahabat dan umat Islam secara umum).

Silakan buka link ini: http://www.lppimakassar.com/2012/11/jalaluddin-rakhmat-tidak-mau-berhenti.html

Posting Komentar

Raih Amal Shaleh, Sebarkan Artikel Ini...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More