Masjid Ash-Shahabah di Kompleks NU Sulsel

Kaum Muslimin Indonesia, khususnya yang berdomisili di Sulawesi Selatan sudah hidup lama dengan kebiasaan yang baik. Di antaranya memberikan nama anak-anak mereka dengan nama para sahabat, seperti Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, Aisyah, Khadijah, Fathimah dan seterusnya. Sebagai hasil didikan para pendahulu mereka yang menanamkan dan mengajarkan sejarah kaum Muslimin dengan benar, yang di antaranya mencakup peri kehidupan para sahabat dan perjuangan mereka di sisi sang Nabi tercinta.
Berbeda halnya dengan Iran, menyebut nama-nama sahabat seperti Abu Bakar dan Umar adalah hal yang sangat aneh jika tidak disertai dengan celaan. Raut wajah mereka menjadi muram dan kecut ketika mendengar nama-nama sahabat disebut di hadapan mereka. Sebagaimana yang diceritakan oleh mantan Duta Besar Indonesia untuk Iran, Bapak Prof. Basri Hasanuddin, yang juga mantan rektor Universitas Hasanuddin, Makassar.
Kaligrafi keempat nama sahabat Khulafa’ Al-Rasyidin sangat mudah ditemukan di masjid-masjid yang berada di dataran Sulawesi Selatan. Di mana masyarakat Bugis-Makassar tidak memecah dan  mendikotomikan mereka sebagaimana yang dilakukan oleh Syiah yang hanya menerima Ali dan menolak, mencela dan bahkan mengkafirkan tiga sahabat Khulafa’ Al-Rasyidun sebelum Ali, yaitu Abu Bakar, Umar dan Utsman.
Dan untuk kali ini kami akan menampilkan foto sebuah masjid yang berada di kompleks Kantor Pimpinan Nahdlatul Ulama Sulawesi Selatan yang diberi nama Ash-Shahabah (Sahabat Nabi). Sebagai bukti cinta mereka kepada para sahabat Nabi yang telah berkorban harta, jiwa dan raga mereka untuk membela sang Mushthafa menyampaikan risalah Islam ke seluruh alam.

Papan nama kantor Pimpinan NU Sulsel

Masjid yang terletak di samping Kantor Pimpinan NU Sulsel

 Papan nama Masjid Ash-Shahabah
(Muh. Istiqamah/lppimakassar.com)

3 komentar:

Assalamu 'alaikum.
Afwan Ustadz, Mesjid Ash-Shahabah ini tepatnya beralamat dijln mana ?.

Wa'alaikumussalam Warahmatullah

Masjid di Atas terletak di Kompleks Universitas Islam Makassar (UIM) dan juga kompleks PW. NU Sulawesi Selatan yang terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan, kota Makassar

Posting Komentar

Raih Amal Shaleh, Sebarkan Artikel Ini...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More