Benarkah Prof. Quraish Shihab itu Agen Syiah?

Kitab Tafsir Al-Mishbah yang berjilid-jilid itu adalah salah satu karya monumental dari seorang tokoh Islam Indonesia, Prof. Dr. H. Muh. Quraish Shihab, yang diterima oleh umat Islam yang tidak hanya di dataran Indonesia, tapi juga di Asia Tenggara secara umum. Bahkan beliau ditahbis sebagai ahli tafsir terkemuka masa kini, di kawasan Asia Tenggara. Selain itu buku Membumikan Al-Qur’an juga merupakan satu di antara sekian banyak karya beliau yang luar biasa. Dengan deretan karya yang beliau telurkan, sangatlah pantas jika ia sebagai tokoh ulama masa kini yang dielu-elukan oleh masyarakat Indonesia dan Asia Tenggara.
Namun dengan ketokohan serta ilmu yang beliau miliki tak membuatnya menjadi manusia masum alias terlepas dari salah dan dosa. Tidak membuat kita bertaqlid buta kepada seluruh pendapatnya. Hanya nabi yang dijaga oleh Allah subhanahu wa ta’ala dari salah dalam menyampaikan risalah yang diemban olehnya. Kita mestinya bersikap adil dan inshof dalam mengambil pendapat dan perkataan manusia, seperti yang diucapkan oleh Imam Malik, Semua perkataan bisa diterima dan ditolak, kecuali penghuni kubur ini (Pusara Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam).
Agen Syiah?
Syiah, sebagaimana kita yakini bersama sebagai aliran pemikiran dan akidah dalam Islam. Jika tidak disebut sebagai aliran sesat maka minimal yang kita sepakati adalah sebagai salah satu sekte dari sekian banyak sekte yang memecah persatuan umat.
Majelis Ulama Indonesia, dalam fatwanya tentang Syiah 1984 telah menyebutkan bahwa yang terjadi antara Islam (Ahlus Sunnah wal Jamaah) dan Syiah adalah perbedaan-perbedaan pokok yang dalam fatwa tersebut ditelurkan dalam lima poin.
Banyak kalangan yang menyebut Bapak. Prof. Quraish Shihab sebagai agen Syiah, namun secara pribadi beliau menolak tuduhan itu dalam pengantar buku Buku Putih Mazhab Ahlul Bait, ABI, Cet IV, hal xv, “Ketika ada sebagian anggapan orang bahwa pak Quraish itu Syiah, saya tegas menolaknya. Penolakan saya disebut Syiah bukan karena ikut pendapat bahwa Syiah itu sesat, tetapi karena saya tahu siapa yang dimaksud Syiah, saya sangat memahami siapa yang pantas disebut Syiah.”
Bukti-bukti nyata dukungan terhadap Syiah
1. Tulisan Quraish Shihab dalam buku Satu Islam Sebuah Dilema, penerbit Mizan, Cet VII, Juni 1994, hal 122,
“Ada juga pengelompokan-pengelompokan seperti Ahlussunnah waljamaah, Syiah dan sebagainya. Wallah, semua mengaku Ahlussunnah waljamaah. Apalagi kita di Indonesia, lebih sempit lagi. NU menganggap hanya kelompoknya yang Ahlussunnah waljamaah. Ya Akhi, kita semua Ahlussunnah Waljamaah. Semua kita, baik Muhammadiyah, NU, maupun Syiah.
Bagi kita yang mendengar ini tentu saja akan bertanya-tanya, rumusan apa yang beliau pakai dalam memasukkan Syiah ke dalam Ahlussunnah?, terlebih MUI telah menyebutkan perbedaan-perbedaan pokok antara Ahlussunnah Wal Jamaah dengan Syiah tahun 1984.
2. Buku Sunnah-Syiah Begandengan Tangan! Mungkinkah?, Kajian Atas Konsep Ajaran dan Pemikiran. Prof. Quraish Shihab  dengan sekuat tenaga berusaha menanamkan kepada kaum Muslimin bahwa perbedaan antara Sunnah dan Syiah itu meskipun ada tapi tidak prinsipil, tidak menyangkut akidah. Seperti ungkapannya dalam hal. 93,
Tauhid pada prinsipnya adalah keesaan Tuhan dalam sifat, perbuatan, dan Dzat-Nya, serta kewajiban mengesakan dalam beribadah kepada-Nya. Dalam butir-butir makna Tauhid di atas, tidak dijumpai perbedaan prinsipil antara Ahlussunah dan Syiah, walau harus digarisbawahi bahwa kelompok Syiah, dalam hal sifat Tuhan, lebih cenderung sependapat dengan Mu’tazilah.” (Penerbit Lentera Hati, Cet III, Juni 2007)
Padahal buku ini sudah dibantah oleh para ustaz dari Pondok Pesantren Sidogiri dengan buku yang berjudul, “Mungkinkah Sunnah-Syiah Dalam Ukhuwah; Jawaban Atas Buku Dr. Quraish Shihab” Buku ini mengungkap data-data asli dari kitab induk dan muktabar Syiah yang (sengaja) tidak dikutip oleh Prof. Quraish Shihab dalam bukunya tersebut, sehingga membuat kesimpulan yang tidak semestinya, seperti ungkapan beliau, “Tidak dijumpai perbedaan prinsipil antara Ahlussunah dan Syiah.”
3. Buku karya Prof. Quraish Shihab, “Perempuan, Dari cinta Sampai Seks, Dari Nikah Mut’ah sampai Nikah Sunnah, Dari Bias Lama sampai Bias Baru”, hal. 187-212 membahas mengenai hukum nikah mut’ah. Kesimpulannya berbunyi sebagai berikut ini,
“Anda telah membaca di atas tentang pendapat yang berbeda menyangkut mut’ah –kehalalan atau keharamannya serta syarat-syaratnya. Masing-masing mengemukakan alasannya sehingga ulama sepakat menyatakan bahwa nikah mut’ah yang memenuhi syarat-syaratnya tidak identik dengan perzinaan. Kita juga dapat berkata bahwa, seandainya alasan ulama Syiah diakui oleh ulama sunnah,  tentulah ulama sunnah tidak akan menyatakan haramnnya mut’ah, demikian juga sebaliknya, seandainya ulama Syiah puas dengan alasan-alasan kelompok ulama sunnah, tentulah mereka tidak menghalalkannya. Namun, kalau hendak menempuh jalan kehati-hatian, tidak melakukan mut’ah jauh lebih aman ketimbang melakukannya –kendati Anda menilainya halal- karena tidak ada perintah, bahkan anjuran, untuk melakukannya. Kalau hendak menempatkan perempuan dalam kedudukan terhormat, tentu seseorang pun tidak akan rela melakukan mut’ah. Lalu, yang tidak kurang pentingnya adalah kalau hendak meraih kesucian jiwa, menghindari sedapat mungkin panggilan debu tanah –seperti makan, minum, dan hubungan seks- merupakan jalan mendaki yang wajar ditempuh.” (Penerbit Lentera Hati, Cet III, April 2006)
Meskipun ungkapan ini cukup bijak, namun sayangnya tidak tegas. Bandingkanlah dengan sikap Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, Wahai manusia, aku pernah membolehkan kamu melakukan (nikah) mut’ah dengan wanita. Kemudian Allah telah mengharamkan hal itu sampai hari kiamat. Oleh karena itu, jika masih ada yang memiliki wanita yang diperoleh melalui jalan mut’ah maka hendaklah ia melepaskannya dan janganlah kamu mengambil sedikitpun dari apa yang telah kamu berikan kepada mereka.” (HR. Muslim)
 berpelukan mesra dengan Ali Khamenei
Tentang pelarangan Umar di masanya adalah karena masih ada beberapa orang yang tidak mendengar Sabda Nabi di atas, sehingga mengira bahwa mut’ah itu masih boleh dalam keadaan darurat dan melakukannya di masa Abu Bakar dan Umar. Dengan ketegasan yang beliau miliki, Umar kembali menegaskan sabda Nabi di atas. (Al-Majmu’, An-Nawawi)
4. Kata Pengantar Prof. Quraish Shihab yang berjudul, “Kesefahaman, Urat Nadi Persaudaraan Islam” dalam buku “Buku Putih Mazhab Syiah” yang diterbitkan oleh Tim Ahlul Bait Indonesia. Pada hal xix Bapak Prof. Quraish Shihab mengatakan, “Sejatinya kita adalah saudara dan tidak perlu saling menimbulkan ketegangan. Surga terlalu luas sehingga tidak perlu memonopolinya hanya untuk diri sendiri.” (Penerbit DPP Ahlul Bait Indonesia, Cet IV, Desember 2012)
Keempat pernyataan di atas, terutama yang pertama dan terakhir, serta fakta-fakta lain yang tidak sempat kami tuangkan di sini merupakan bukti tentang beliau yang pro terhadap tumbuh dan berkembangnya sekte Syiah di Indonesia dengan konsep kesefahaman, padahal ini sangat bertentangan dengan Keputusan Muktamar Doha tahun 2007 poin no. 7 yang beliau kutip sendiri dalam bukunya, “Sunnah-Syiah Begandengan Tangan! Mungkinkah?, Kajian Atas Konsep Ajaran dan Pemikiran”, hal 268, “Mengajak para pemimpin dan tokoh rujukan agama dari kalangan Sunnah dan Syiah agar tidak mengizinkan adanya penyebaran tasyayyu’ (paham-paham Syiah) di negeri-negeri (penganut aliran) Sunnah, tidak juga penyebaran tasannun (paham-paham khas sunnah) di negeri-negeri (penganut aliran) Syiah, demi menghindari kekacauan dan perpecahan antara putra-putri umat yang satu (umat Islam).”

Walhasil, apakah Prof. Quraih Shihab itu benar agen Syiah atau bukan? Andalah yang berhak menyimpulkan! Semoga pemaparan ini bisa dijadikan bahan perenungan kita.  Wallahu a’lam!
(Muh. Istiqamah/lppimakassar.com)

74 komentar:

lebih baik berpikiran positif saja, karena tidak semua orang yang mengakui kebenaran sesuatu kemudian ia mengikutinya atau menyebarkannya. boleh jadi Prof Quraisy berniat baik agar ummat Islam kembali bersatu walaupun pemahaman atau mazhab berbeda. bukankan pada masa khalifah Umar bin Abdil Azis, khalifah yang agung ini juga berlaku lembut kepada pengikut syi'ah bahkan kepada khawarij. dan hal ini tidak menunjukkan bahwa khalifah Umar bin Abdil Azis adalah pengikut syiah atau khawarij. beliau tetap SUNNI.
Wallahu A'lam

iya, kita juga ingin berprasangka baik kepada beliau. namun bukti menunjukkan sebaliknya. untuk itu penilaiannya kami berikan kepada pembaca. kami hanya menyodorkan bukti.

dan harap bedakan antara Umar bin Abdul Aziz yang bersikap lembut kepada Syiah namun tdk membenarkan Syiah dengan Quraish Shihab yang bersikap lembut kepada Syiah dan juga membenarkan Syiah.

menurut akk, akk setuju dgn pernyataan pa quarish... apanya yg salah? bagian mana yg membela kaum syiah?.., semuanya masuk akal, ato mungkin karna akk berpandangan netral, sementara mungkin kl berpandangan.a ga netral/normal, bisa di maksudkan buruk.

Ada muslim yang ramah, ada yang cuma bisa membangkitkan amarah. Quraish Shihab adalah muslim yang tahu bagaimana mencoba mengatasi perbedaan dengan prinsip silaturahmi, tetap berjabat tangan dan diskusi, bukan dengan batu atau prasangka yang dapat menimbulkan fitnah. Itulah yang membedakan antara cendekiawan dan kyai jadi-jadian.

Hati-hati dengan akal kita... Kebenaran yg absolut sampai diujung dunia tidak akan ada, melainkan orang-orang yg dengan izin Allah mempropagandakan iman dengan merk tertentu dan sesungguhnya manusia itu bukanlah Allah. Meskipun harus berdamai atau bertumpah darah itu karena kebodohan dan kecerdasan manusia jadi sama saja.

Wallahu a'lam

berprasangka memang sebaiknya kita hindari. tapi berwaspada atas bukti yang nyata juga sangat penting untuk benteng pertahanan agar tidak terjebak dan kalah. karna pada syiah sendiri sangat memengang teguh kebohongan demi tercapainya tujuan mereka..

Beliau bukan syiah, saya sudah cek dg rabithah alawiyah jakarta , tempat beliau terdaftar nasab keturunan Rasulullah SAw

Quraish Shihab adalah syiah, atau agen syiah. apa yang keluar dari lisan dan tingkah lakunya berupa dukungan kepada ajaran syiah (Semoga Allah melaknat Syiah) menggambarkan apa yang ada dalam hatinya. inilah penilaianku atas apa yang tertulis di atas.

Islam terpecah belah membuat kelompok2 pasti ada kepentingan dibaliknya..mengaku mengklaim merekalah yang paling benar.. mudahan Allah memberikan rahmat kepadaku untuk tidak termasuk kedalam golongan manapun ... untuk kepentingan apapun melainkan hanya mentaati segala perintahNya

Jika mengatakan Syi'ah tidak sesat. berarti pemikirannya perlu dipertanyakan..atau mungkin karena ilmunya terlalu tinggi sehingga melenceng????

Marilah kita berpegang teguh terhadap Al-Qur'an dan Sunnah....
Wallahu A'lam

Beliau hanya mencoba berhati-hati mengenai hal2 yang diperselishkan tentang yang haram dan halal. beliau mencoba memberi pendapat tanpa menyakiti salah satu pihak yang berselisish. beliau menghargai perbedaan dan menghormati berbagai pandangan termasuk beberapa pandangan Syiah. ini tidak berarti beliau penganut Syiah!

emang kenapa kalo dia Syiah???

Kenapa kita harus berhati hati dengan masukknya Syiah di Indonesia, bisa kita lihat saudara saudara kita di Syria. Begitu Syiah menguasai pemerintahan, semua warga syiah dari luar negeri di usung masuk ke Syria, lihat dan baca berita perlakuan Syiah terhadap Ahlusunnah.

Syiah sesat!!! Penyembelih para anak-anak dan perempuan suriah, hanya karena mereka sunni dan tidak mau menyembah asaad.

syiah itu dibentuk oleh orang yahudi untuk menghancurkan umat islam. karena seperti yang kita ketahui bahwa umat islam akan hancur oleh umat islam sendiri. oleh karena itu yahudi membentuk islam tandingan untuk menghancurkan islam yg sebenarnya.
pendapat pribadi, dari apa yg saya baca dan pelajari di berbagai buku dan media)

sepertinya masih banyak yg buta akan KEBIADABAN SYIAH...

Mudah2an umat islam di indonesia khususnya, bisa benar2 mengenal bahaya SYIAH, yg sekarang sudah mulai merebak dan sdh mayoritas di beberapa daerah sudah menyusup di parlement tinggi negara...
tidak menutup kemungkinnan Indonesia akan berdarah seperti disuriah..

Silahkan simak (dari link di bawah) perkataan salah satu Doktor dari Suriah yg diterjemahkan oleh Ust.Firanda Andirja LC.MA
http://radiorodja.com/736/hakikat-aqidah-syiah-nusairiyyah/

baru saja aku melihat tayangan tafsir alqur'an di metro tv oleh pak quraish..
ketika membahas qada dan qadar... beliau menunjukkan contoh "menjatuhkan pulpen di atas meja" entah mengapa tidak menjelaskan konsep nya secara rinci...
meski ada kata-kata "kadar" dan "ketetapan yang tidak bisa dijangkau manusia"...
saya sendiri, masih khawatir terhapdap penjelasaan singkat beliau... yang akhirnya orang awam sekalipun tidak dapat mencerna nya... (karena aku yakin orang-orang islam yg kebanyakan menonton tv tanpa sering mengaji mereka itu awam islam)

lanjut lagi pas sesi pertanyaan.. ketika ada pertanyaan "bagaimana istri bersikap kepada suami yang melarang memakai jilbab, apa yg dilakukan istri u/ menghindari pertengkaran?"
singkat jawaban nya:
banyak ulama yang memperdebatkan masalah jilbab.. ada yg berpendapat pakai cadar, ada yg membolehkan setengah lengan terbuka, dan yang brpendapat menutup aurat kecuali yg tampak muka dan telapak tangan...
ANEH nya beliau menelikung pembicaraan takut akan perselisihan pendapat istri-suami itu timbul lah perceraian padahal mempertahan kan rumah tangga itu amanah..
LHO....! dari sini pak quraish kurang tegas dalam memberikan nasehat, meski sebenarnya aku tau profil kepribadian beliau adalah menjunjung kesantunan dalam memberi nasehat....

padahal, menurut pendapat saya.... mengapa pak quraish tidak menjelaskan bagaimana seharusnya ketaqwaan istri trhadap suami yg masih ada kekeliruan dalam pemahaman u/ menjlnkn syariat islam?? mengapa tidak ditekan kan seharusnya istri lebih takut akan kemurkaan Allah dari pada suami yg melarang berjilbab? mengapa tidak memberi solusi tepat u/ memperbaiki pemahaman suami yg keliru? seolah-olah tadi.... pak quraish membenarkan orang yg tidak berjilbab itu tak mengapa...

semoga Allah memberikan pencerahan bagi beliau... aamiin

Ttg jilbab beliau tidak tekankan karena dulu pernah mengatakan bahwa gak harus selalu yang penting baju yang dipakainya sopan . Itu saja sudah cukup. Kenapa beliau mengatakan hal itu? Karena putri beliau pembawa acara berita di metro tvpernah disinggung mengapa anak seorang pemuka aga tidak berhijab. Makanya serba saab menjawab ttg pemakaian hijab :-)

yg menyebut syiah tdak sesat maka perlu dipertanyakan lg pemikirannya...
menurut data diatas menurutku uda jelas bgaimna dan siapa bpk Quraish Shihab,
memang betul, setelah berkali2 saya nonton acara di metro tv, sangat bnyak sekali pertanyaan2 dr mustami' yg tdk tuntas dijwb olehnya, pdahal klo bener pak Quraish pngen berdakwah maka itulah kesempatan yg paling baik untuk menjelaskan kpada orang yg belum tau,,, bukankah tujuan dakwah itu ialah sampaoinya pemahaman kpda mustami' (pendengar)..
semoga Allah memberinya hidayah .....

Asstagfirallah anonim....istigfar....kalau saya rasa ilmu agama anda blm ada apa2nya dgn dia....dah satu lagi knp anda dgn mudahnya menjelekan beliau...menurut saya dia sunni yang berpendidikan sangat tinggi,sopan,dan orang yang bermoral...itu hanya pendapat beliau dan hargailah pendapatnya...kl tidak suka jgn fitnah or menjelekannya....dan saya rasa kita tdk usah menuduh orang mcam2....kl dia salah allah yg akan menghukumnya...bukan kita....sesama muslim belajarlah menghargai...yang baik dari beliau kita ambil pelajarannyaa kl tdk setuju jgn dilakukan...selesaikan.....jgn jd umat muslim yg sk cari mslh lah....

Buku2 yg disebutkan diatas beberapa yg saya tau adalah buku2 syiah. Penerbit Mizan merupakan penerbit syiah. Syiah berusaha membuat semacam 'pembenaran' mengenai aqidahnya dan syariatnya lewat pernyataan2 mengatasnamakan tokoh2 nasional dan agama dari madzhab manapun. Banyak yg diselewengkan. Ini pernah menimpa ustadz Arifin Ilham. Setelah diverifikasi ia menolak pernyataan yg mengatasnamakannya tsb. Syiah sudah biasa melakukan kebohongan2 dlm penyebaran aqidahnya. Syiah itu sesat lagi berbahaya.

Assalamu'alaikum. sungguh hanya kpda Allah lah setiap pertanggungjawaban manusia. alangkah indah jika kita saling berbagi hal2 yg positif ttg saudara kita agar terhindar dari gibah dan prasangka.para tokoh2 besar kontroversial tela byk mngajarkan kita ttg keikhlasan dan arifnya menjunjung cita rasa.

Al Rasyid pada masa Abbasiyah menerjemahkan kitb yunani dlm bahasa arab, prasangka bermunculan, disisi lain tindakan beliaulah yg melhirkan generasi cendikiawan muslim yg dihormati, ibnu rusyid dgn teori alam semestanya lalau diasingkan dan sluruh karyanya dibakar, disisi lain tahafulut tahafutnya mnejadi refrensi kajian theologi islam hingga kini, lalu ibnu shina dgn rasionalitasnya, sunan kalijaga, agus salim dan ahmad dahlan bahkan gusdur dgn smngat toleransinya. di sat sisi ummat brprasangkan nmun disisi lain alangkah teduh dan sejuknya apa apa nilai2 positif yg mereka sampaikan slam ini. marilah saudaraku introspeksi diri, sejuh mana smngat keislaman kita membawa kita mnjadi pribadi yg lbih baik, bijak, arif, berkemanusiaan dan mncapai spiritualitas yg mrupakan esensi dari agama itu sndiri. wallahualam bishowab, jazzakumullah khaan katsiiran. salam ukhuwan saudaraku

Seorang Ustadz harus TEGAS, jika salah ya salah, Syiah itu salah/sesat

Seorang Ustaz harus Tegas. jika Salah ya Salah, Syiah itu salah/Sesat

Mungkin memang benar jika dalam hal ini pernyataan beliau terasa kurang tegas. Tetapi menurut saya pak Quraish bukanlah penganut syiah, dan menurut saya tidak ada satu pun pernyataan di atas yang menunjukkan bahwa beliau pro syiah.
Beliau hanya berusaha untuk selalu mengambil sisi baik dari hal buruk, untuk selalu berprasangka baik, dan berusaha untuk mempertahankan kedamaian seperti yang beliau kemukakan dalam tafsir al-misbah di metro tv beberapa hari yang lalu. Wallahu A'lam.

Air beriak tanda tak dalam, tong kosong nyaring bunyinya. sangat jelas perbedaan orang yg berilmu dan orang yg dangkal ilmunya (picik), sy himbau kpd orang yg suka memfitnah dan mecaci orang shalih apalagi seorang ulama, marilah berintrospeksi diri dan bertaubat, sadarlah bahwa yg anda fitnah dan caci itu adalah pewaris Nabi SAW.

seandainya beliau bukanlah "tokoh ulama" mungkin ucapan dan ungkapan beliau tidak akan dipersoalkan karena tak akan ada yang mau mendengar tapi karena pada kenyataannya tidak seperti itu maka sudah menjadi kewajiban beliau menegakkan hukum islam secara tegas yng sesuai dnegan Al quran dan hadist sebagai pedoman hidup umat muslim..untuk menegakkan hukum ALLOH di bumi ini

Wuahahaha..... Hebat-hebat orang Islam di Indonesia... Bener-bener dagelan.
Alibi dan pernyataan sekaligus justifikasi terhadap seseorang sangat mudah di lemparkan.
Mulutmu harimau mu. Seorang muslim , haram hukumnya berkata dusta apalagi fitnah.
Janganlah mudah menilai hanya dari perkataan ataupun tulisan.
Syiah jelas bukan Islam , tapi Quraish Shihab sebagai Orang Syiah ???
Kecuali semua itu keluar dari lisannya atau ente-ente udah belajar bermain sebagai tuhan..huahahahahaha (Kocak-kocak ente-ente)
Kalaupun ente-ente benar,biarkan allah yang mengampuninya. Kalau mereka yang benar,semoga allah mengampuni ente-ente...
Wallahu alam bisawab..

moga2 kita selalu diberi pencerahan oleh Allah...

Belajar sejarah islam dulu deh kenapa ada sunni dan syiah sebelum fitnah orang.
Mau beragama a, b, c atau tidak beragama sekalipun kalau orangnya baik mah ga masalah, ketimbang orang munafik.

belajarlah mencerna suatu bahasa tanpa melihat orangnya, ibaratnya baca buku dulu tanpa tahu siapa pengarangnya itu yg objektif, tanpa ragu saya bilang pak quraish sihab agen syiah,tidak tegas pada suatu pokok persoalan, karena anaknya tidak berjilbab maka 'dilonggarkanlah' al-quran,harusnya bila dia khilaf maka diingatkan bukan dibentengi dengan pembenaran2 palsu, tapi terlihat jelas dia diposisi mana masalahnya ketika kita sudah menyukai seorang ustad dan ternyata dia salah...jarang orang melihat objektif kecuali hidayah atas izin Allah, banyak2 meminta hidayah agar melihat hitam tetap hitam, putih tetap putih..amin

sepengetahuan saya, syiah itu jelas-jelas sudah melenceng dari ajaran Islam dan sudah dikatakan sesat oleh MUI. Ketika ada yang mengatakan bahwa sunni dan syiah itu bersaudara,coba lihat kaum sunni dibantai habis2an oleh syiah di syiria. Apakah seperti itu bentuk perlakuan kepada saudaranya..? kemudian mengenai apakah Quraish Shihab adalah seorang syiah, beberapa bukti memang mengatakan demikian, dari beberapa ucapannya dan pendapatnya mengenai syiah. Wallahualam.. semoga Allah memberi kita semua rahmat dan hidayah.

Alhamdulillah saya pencinta ahlul bait, dan pak Quraish adalah salah satunya

"kita semua Ahlussunnah Waljamaah. Semua kita, baik Muhammadiyah, NU, maupun Syiah"

apa yg salah dari penyataan beliau diatas..??
bukankah Ahlussunnah itu artinya pengkikut sunnah, dan syiah juga artinya "pengikut" Ali bin Abi Thalib, dan Ali adalah orang kepercayaan Nabi, barisan orang pertama yg masuk Islam.

apakah salah kalau dibilang Sunan Kalijaga dan "pengikutnya"...??
Ali dan "Pengikutnya"...???

apa yang salah...???

terlepas dari apakah pak Quraish Shjhab syiah atau bukan, selama ini saya adalah pengagum beliau krn keilmuannya yg tinggi dan kesantunan tutur katanya meski tdk setiap hr mengikuti program tafsir Al Misbah di Metro Tv tp ada rasa senang bila Ramadhan akan tiba sebab akan ketemu lg dg acara ini.bahkan ketika diawal ramadhan thn ini melihat beliau sdh kelihatan bgt tua maka terbersit rasa sedih dihati kami (dg suami),brp lama lg lah beliau dpt hdp dan kalau beliau meninggal siapalah gantinya yg berilmu setinggi beliau.Namun setelah baca artikel diatas saya berharap " Pak Quraish bukan Syiah ". Wallahu a'lam.

Orang dinilai berdasarkan perkataan, perbuatan & juga tulisanya. Kalau memang Qurais Shihab itu Sunni, berati dia kurang hati-hati membuat tulisan
Walaupun kita belum berislam secara baik, tetap harus punya sikap tegas memberikan penilaian mana yg haq dan mana yg bathil.

https://www.facebook.com/notes/fluorescence-as-salafiyyun/membongkar-hubungan-quraish-shihab-dengan-syiah-dan-penyimpangannya-mengenai-taf/151685801592623

Bapak Quraish Shihab itu cerdas, beliau tahu banyak karna belajar banyak juga, kalau kita.....?.

sya termasuk penggemar beliau sy sering bc krya2 bliau mmng d setiap buku2nya nampak ketidak tegasan beliau dlm setiap pendapatnya bliau mmbawa pembaca menerawang n menyimpulkan sendiri mana yg pas dngn hatinya memng sngt brbahaya apalagi jk orng awan yg baca maka kesesatan yg terjadi. kebijaksanaan, toleransi n kesantunan sdh mnjd karakter beliau dlm berpendpt. sy yakin beliau bukan syiah tp beliau mencoba untuk menyatukan umat yg sdh terpecah ini, meskipun salah caranya. krn seorang tokoh ulama harus tegas dlm memberi hukum. waalahua'lam

SYI'AH KLO DIBIARKAN BERKEMBANG DIINDONESIA...CEPAT ATAU LAMBAT INDONESIA AKAN HANCUR SEPERTI DI MESIR,SYRIAH DAN NEGARA2 TIMUR TENGAH LAINNYA...SANGAT BERBAHAYAH!!!!!!!!!

Jgn terpengaruh n beranggapan semua yg disampaikan qurais shihab adalah benar hanya krn dia seirang ahli tafsir terkenal.diapun seorg manusia yg jg akn khilaf n salah.dlm penjelasannya tentang jilbab yg menyatakan tdk wajib bg perempuan islam hal ini menunjukkan kl beliau sdh melenceng dr alqur'an n ajaran islam.yg penting berpakaian sopan kata beliau.sungguh penjelasan yg menganggap jilbab itu hal remeh temeh bkn hal yg wajib.sama spt ajaran syiah.semoga kita tdk terpengaruh dgn beliau n tetap berkiblat kpl alqur'an.beliau syiah atau bukan hanya dirinya n Allah sj yg tau.kita hanya dpt menilai n tidak perlu meyakini ucapan beliau yg sdh sgt jauh membuat penafsiran sendiri terhadap hukum2 yg ada dlm alqur'an

saya rasa bpk Quraish shihab....
telah belajar bnyak tentang dunia islam.. dibanding saya yang miskin ilmu.
saya tak akan mangatakan atau manggugat bahwa beliau syiah..
karena beliau sendiri sudah membantahnya.. saya rasa tak mungkin seorang ulama yang ahli ibadah... yang mungkin insya Allah beliau setiap malamnya menghabiskan waktunya untuk mendekatkan kpd Allah SWT sampai berlinangan air mata...
dan mungkin insya Allah beliau adlh orang yang tak segan-segan menyelipkan kita dalam doanya..,,,
lalu apkah kita akan mengumpat orang yang Insya Allah selalu mndoakan kata,,
saya rasa beliau hanya ingin kita bersifat santun dan hati-hati dalam menyikapi segala sesuatu..RASULULLAH SAW aja setiap harinya bertobat sampai puluhan kali... pdhl beliau adlh orang paling benar !!!!!
karena memang kebenaran hanya ALLAH SWT yang tahu...

Katakan yang hak adalah hak dan bathil adalah bathil. Jangan mencampur adukkan keduanya. Syiah tidak bisa disatukan dengan Sunni karena syiah sampai kapan pun sesat dan menyesatkan. Laknatullah ala syiah

Terkadang Perkataan orang yang Ber ILMU ntu sulit kita PAHAMI. Dri pda perkataan orang yg TIDAK Ber ILMU. Kalau orang Ber ILMU beliau tdak akan menjelaskan berbelit". Beda dengan orang yang TIDAK Ber ILMU, mereka pasti menjelaskannya Berbelit".Kita melihat sja pda Alm. KH. Abdurrahman Wachid (Gus Dur). Beliau d turunkan dri kursi presiden, krn beliau meresmikan agama Kong Hucu di Indonesia. Jka di lhat dngn mata telanjang kita. Beliau salah. Tp d hadapan ALLAH SWT beliau orang yg memiliki Derajat yg lebih tinggi dri pda kita. "Orang yg Ber Ma'rifat kpd ALLAH SWT akan tau smua isi dunia ini. Krn ALLAH SWT telah memberikan NUR (Cahaya) yg melebihi Sinar X" (Bidayatul Hidayah)

Waallahu a'alam

aku lg baca tafsir almishbah, dari 15 jilid baru 1 1/2 jilid aku baca, aku penasaran apakah beliau syiah atau suni mari ku buktikan hanya untukku sendiri sampai tamat kubaca. aw lhok mabon.

Sekte Wahabi sangat menonjolkan pemikiran rusak dan penyakit kejiwaan (cognitive behavioral therapy) seperti :
Jump to conclusion, Prof Quraisy Syihab membela orang syi'ah MAKA dia adalah orang syi'ah.
OverGeneralization, hanya satu atau beberapa pendapat Quraisy syihab atau Syi'ah yg salah (menurut Wahabi) maka semua perkataan dan ajarannya pasti salah dan sesat.
Black and White Categories, Wahabi mengikut sunnah dan pasti benar MAKA musuhnya yaitu syi'ah pasti salah, sesat, dan kafir.

Dan sayangnya, pengidap penyakit kejiwaan biasanya berkonsultasi ke psikolog krn mau sembuh, tapi wahabi justeru menganggap orang selain merekalah yg punya penyakit jiwa, alias orang gila teriak "eh gila loe !!!" wk..wk..wk

Salam,
Awang KGPS (Kaya, Ganteng, Pinter, Sholeh)

Kalau para wahabi mau berpikir jernih, saya rasa tdk ada masalah dg pernyataan2 Pak Quraisy Syihab, menurut saya begini penjelasannya :
1. Pak Quraisy mengelompokkan syi'ah sbg ahlus sunnah wal jama'ah, sy tanya kpd wahabi apa kriteria ahlussunnah wal jama'ah ? wong, orang sunni selain wahabi aja bilang prinsip ahlus sunnah sudah dibajak oleh wahabi sehingga pada ribut. Kalo saya sih ngapain pada meributkan dan saling merebutkan gelar ahlus sunnah wal jama'ah yg ga' ada jaminan surga, di alqur'an yg dijamin surga adalah shiddiqin , sholihin, muslimun, mu'minun, muttaqin, jadi ngapain bikin2 gelar baru.
Toh istilah ahlussunnah wal jama'ah menurut sejarah dibuat di zaman rezim umayyah krn pada waktu itu banyak ulama (bukan ulamanya bikinan penguasa) yg menentang kezaliman penguasa, guna meredam dan menghabisi para penentangnya maka dibuatlah kriteria ahlus sunnah wal jama'ah dan barang siapa yg tdk ikut maka dia kafir dan harus diperangi.
Kalo kita pelajari kan definisi sunnah adalah warisan nabi, apakah orang syi'ah tdk punya warisan sunnah ? berarti anda bodoh dan tdk mau mengerti, cuma bedanya syi'ah mengambil hadits dari keturunan nabi dan sahabat2 yg mendukung ali, sedangkan "ahlus sunnah" mengambil hadits dari sahabat jalur lain seperti abu hurairah (coba hitung banyakan mana dlm kitab Bukhari/Muslim antara riwayat dari ali dengan dari abu hurairah ? dan coba pikirkan)
Lalu definisi jama'ah, apa artinya jama'ah? apakah gerombolan besar? apakah 3 orang saja yg membela kebenaran di tengah banyak kebatilan tdk bisa disebut jama'ah?

2. Mengenai perbedaan prinsip, tentu saja pasti berbeda (apakah antar sunni bahkan antar sekte wahabi tdk ada perbedaan ?) bahkan definisi islam dan iman dalam qur'an pun berbeda dg definisi islam dan iman di hadits, saya tdk mau bahas di sini krn terlalu panjang.
apalagi perbedaan dalam ritual, tapi yg saya pelajari fiqihnya syi'ah koq lebih sesuai qur'an dibanding sunni, contohnya cara wudhu', lalu orang syi'ah mengharamkan baca Amiin krn di qur'an tdk ada bahkan Ameen adalah dewanya orang yahudi yg jg dibaca oleh orang kristen lalu masuk ke dalam islam melalui hadits2 yg diriwayatkan oleh mantan yahudi yg masuk islam.
Lalu apakah dg perbadaan ini harus selalu berperang selama-lamanya sampai kiamat? bukankah yg harus diperangi adalah orang mujrimun dan kafirun yg bertindak zalim, sewenang2, membuat kerusakan di muka bumi ? apakah hanya beda aqidah dan ritual harus berperang sampai salah satu musnah ? anda terlalu sombong dan sudah merasa lebih dari Tuhan yg membiarkan orang sesat hidup di bumi, tapi nanti hanya Allah yg berhak mengadili.

3. masalah nikah mut'ah, sudah banyak dibahas di buku2 jadi ga' perlu dibahas lagi (lihat lg ke point 2 di atas).

4. menurut saya pernyataan Pak Quraisy sdh sejalan dg qur'an krn beliau memang pakarnya qur'an (bukan pakar hadits dan qola yaqulu si anu bin anu) bhw Allah dlm qur'an sangat menganjurkan persatuan dan perdamaian dalam perbedaan, kalo tdk pasti sdh dimusnahkan para pagan, ahli kitab, dan nabi palsu di zaman nabi muhammad, tapi nabi membiarkan krn mereka tdk membuat kerusakan dan peperangan.

Sekian,
salam

Awang lagi.

sangat disayangkan dr sekian komentar menganut netral yg merujuk membela paham syiah, mana yg bathil dan haq msh belum paham, sejarah islam yg sahih pun belum paham.. sangat bahaya bagi pemahaman yg dangkal untuk membaca komentar2 yg menyatakan netral n membenarkan syiah. Prof.QS ini setiap prnyataanya selalu Ambigu/membingungkan tidak tegas.. jd bisa disimpulkan bs menyesatkan aqidah.. (BAHAYA!! untuk d dengar atau dbaca pernyataannya bagi org2 yg ilmu keislamannya ala kadarnya tanpa guru/ulama yg betul)
-ahlussunnah waljamaah PPS-

IBDA BINASIK apakah diri ini sudah baik?

Mas awang apa sdh pernah minta ke quraish shihab utk nikah mut ah dg nazwa sihab? Coba deh...jika beliau mennghalalkannya knp tdk, selamat mencoba
U

Penyebaran informasi ini sangat bisa menjadi fitnah.. Sejak kecil saya mengikuti pengajian Prof. Quraish Shihab, sekarang anak saya sudah remaja, dan tidak satu kali pun beliau pernah menyebarkan ajaran syiah.. Siapa pun pengurus LPPI Makassar tidak satu pun yang lebih mendalami Islam Sunni dibandaing beliau.. Jika beliau sudah secara tegas menyatakan bukan Syiah maka beliau bukan syiah.. Karena buat seorang ulama sebesar beliau tidak akan segan mengakui jika dia memang syiah. LPPI Makassar perlu mawas diri, Islam yang benar tidak akan memancing orang memusuhi ulama..Syiah memang salah, tapi lebih salah lagi orang yang menfitnah seseorang sebagai syiah.. Saya pernah dengar pengajian seorang ulama besar yang menyatakan jika kita menyakiti hati keturunan Rasulullah SAW maka kita bukan umatnya.. Jadi, hati-hatilah Bung.. jika anda menfitnah, maka anda harus menanggung dosa semua orang yang termakan fitnah anda, dan dosa anda terus bertambah meski anda sudah masuk kubur.. Saatnya mengumpulkan pahala bukan menabung dosa..

Buyung siddiq, sejauh apa ilmu agama anda dibanding Prof Quraish Shihab? Mungkin juga alakadarnya, bahkan guru anda juga mungkin ala kadarnya.. mungkin anda berharap Prof Quraish Shihab tegas perintah hancurkan syiah, seperti anda, tapi beliau yang bukan syiah tidak berpikir seperti anda lalu anda fitnah.. saya hanya mengajak untuk belajar cara Rasulullah SAW, apakah seperti Prof Quraish Shihab atau seperti anda..

Intinya kalau mau berguru, harus dilihat siapakah guru kita itu.
Kalau mau belajar Sunni ya kepada orang ahli Sunni.
Kalau belajar syiah ya kepada orang syiah.
Kalau gurunya "bingung" dimana menyetarakan sunni & syiah, ya kita gak perlu ikut bingung.
Cari guru yang lain aja.
Jangan Taklid Buta dan jangan membabi buta.

Quraish shihab 100% bukan syiah, aku ud beli tafsir Al-Mishbah dan ud kubaca, Dalam tafsir beliau memang ada beliau mengutip pendapat ulama syiah seperti tabatthaba'i dlm hal pengertian2 pemahaman arti bhs arab berdasarkan nahu saraf. Disamping itu jg beliau sangat banyak dan lebih dominan mengutip pendapat ulama2 sunni sprti Ibnu katsir said Qutb, imam syafi'i, im buchari dll. Dalam tafsir beliau ketika menafsirkan surat Al-Anfal beliau sngat memuliakan sahabat nabi dengan sebutan Sayyidina Abubakar RA, sebutan Sayyidina Umar RA, sebutan Sayyidina Usman. Jadi tidak ada alasan untuk kita menuduh ulama besar Quraish shihab tsb. Wahai kaum muslimin dan muslimat "Berhati-hatilah kita jgn sampai pecah belah umat" gunakan akal, ilmu dan keimanan kita" Kalau anda ragu dengan beliau coba Beli Tafsir Almishbah Bacabacalah dg seksama sampai tamat, disana akan anda temukan bahwa sesungguhnya beliau adalah ulama besar dimasa sekarang.

Profile Bpk. Muhammad Quraish Shihab disini http://id.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Quraish_Shihab

Lihat pengantar beliau disini, saat peluncuran buku putih http://www.youtube.com/watch?v=As9DLMf7Ihs

Kita umat islam, harus bersatu dan jangan mudah dipecah belah hanya karena ketidakpahaman/kebodohan kita.

Lebih 50 buku karya beliau(lihat disini http://id.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Quraish_Shihab), membuktikan beliau adalah sosok guru yg patut diteladani.

Satu hal yang perlu diketahui, bahwa guru bpk Muhammad Quraish Shihab adalah Sheikh Abdel-Halim Mahmoud, Grand Imam of Al Azhar religion Sunni Islam, Sufi. sumber http://en.wikipedia.org/wiki/Abdel-Halim_Mahmoud

Dan dari sumber sini http://www.scribd.com/doc/185468588/Biodata-Abdul-Halim-Mahmud saya peroleh informasi bahwa beliau(Sheikh Abdel-Halim Mahmoud) mempunyai hubungan dengan keturunan nabi Muhammad SAW melalui baka keturunan daripada Husein bin Ali bin Abi Talib.(Mahmud 1976 : 30-31).

Bersumber dari situ telah jelas, bahwa beliau (Muhammad Quraish Shihab) adalah sosok guru dan ulama yg patut diteladani umat islam.

Semoga ulama Quraish shihab dipanjangkan umurnya, ditinggikan derajatnya ditrima amalan2nya krn bgtu banyak orang2 yang membenci dan memfitnah beliau,,,krn kebodohan dan ketidakpahaman mereka.

Syiah memang bahaya, namun terkadang manusia justru sibuk mencari kesalahan orang lain, dan lalai dengan kesalahan sendiri. Semoga Para Ulama yang membawa kedamaian dan keteduhan mendapat keridhaan Allah swt.

Jangan lalai sesaat pun dari menjaga diri dari pemikiran-pemikiran yg menyimpang. Ketahuilah hati itu lemah dan subhat (kerancuan itu) menyambar spt elang menyambar. Prinsip agama SYIAH dan turunannya adalah DUSTA sehingga kalau kita tidak sensitif dan kurang bekal pemahaman ajaran SYIAH sesungguhnya maka kita akan mudah diperdayai dgn kata-kata lembut, manis, berhias senyum dan lain2, tapi setelah itu anda akan dihabisi spt nasib Muslim Sunni di IRAN, SURIAH, IRAQ dll. Lihatlah negeri Sunni Kuwait dan Saudi.. mrk SYIAH bisa hidup nyaman di sana. Adapun di IRAN, IRAQ dan SURIAH Muslim Sunni tiap hari dibantai.......

syiah smoga Alloh menghancurkan dan membersihkanya dari muka bumi ini. cukuplah suriah, yaman, iran, irak menjadi bukti nyata akan kesesatan dan kekejaman syiah laknatulloh alaih.
smoga indonesia menjadi negeri yang dirahmati dan dikuatkan kesatuan ummatnya di atas basiroh ( tuntunan rasululloh saw ) .

Apakah saya akan dikatakan syiah ketika saya mendukung pemikiran orang syiah yang dapat diterima oleh akal saya ? Apakah saya akan dikatakan syiah ketika ada hal2 yg saya kritisi dari MUI? Hehee penulis oh penulis, saat anda menyuruh pembaca untuk menyimpulkan, apakah anda sudah memastikan semua pembaca bukan orang awam islam?

Sudah di nas kan, kelak agama Islam akan terpecah menjadi 73 dan hanya satu yang benar. Maka Alqur'an adalah penuntun yang paling sempurna. Mungkin kita yang masih sedikit ilmu agamanya seperti saya ini, mengikuti yang baik dan meninggalkan yang sekiranya menyimpang dilingkungan masyarakat banyak bukan dilingkungan kelompok. Karena semuanya akan mempertanggung jawabkan atas perbuatannya di dunia fana ini. Wallahu a'lam

Sy suka quraish shihab. Beliau cendekiawan bijak. Beda dgn orang ngakunya islam sejati tp yg mereka tahu cuma menabar fitnsh dan kebencian thdp sesama. Psyah benar penghujat qurais shihab.

Kredibilitas LPPI Nahi Mungkar juga saya ragukan karena saya tidak tahu pasti apakah isinya adalah orang-orang Islam asli atau orang-orang islam palsu (munafikun)? siapa tahu dalam organisasi tersebut terdapat pengkhianat seperti sosok abdullah bin saba' dalam dogengan orang yang menyebut dirinya mereka sunni? menurut mereka pula abdullah bin saba' adalah keturunan yahudi?memang orang-orang yahudi tidak mungkin bergandengan dengan Islam?nah kitakan gak pernah tahu silsilah nasab keturunan para pengurus LPPI Nahi mungkar ini bersih atau tidak dari kotoran-kotoran yahudi yang setiap saat mengintai ummat islam dan ingin menghancurkannya?kalau silsilah Quraisy shihab sendiri setahu saya jelas tidak terputus sampai kepada Ali bin Abi Thalib melalui jalur husein bin ali dari keturunan alwi bin muhammad ba'alawi, aupsss saya lupa banyak kitab-kitab sunni yang menceritakan bahwa keturunan hasan dan husein ini sudah punah/hehehehe katanya lagi silsilah yang diajukan oleh orang-orang yang mengaku keturunan hasan dan husein bin ali adalah karangan abdullah bin saba' juga, mungkin gak ya?aduh pusing saya please dech, jangan bikin bingung ummat, apa g takut dosa? atau malah g beriman akan hari pembalasan?berarti g beriman juga donk akan keberadaan Allah swt, kafir antum sekalian, itulah hakikat dan ma'rifat saya selaku orang awam

Ini jelas tidak adil, masak komentar saya yang panjang lebar tidak bisa dipublikasikan? Munafikun pemilik Blog ini

Saya tanya kepada orang yang mengaku sunni, salafy, wahabi dan lainnya, dimana kuburan fathimah binti muhammad saw?apa benar siti fathimah sampai akhir hayatnya pun tidak mau berbai'at kepada abu bakar?kalau salah kenapa ali baru barbai'at kepada abu bakar setelah wafatnya siti fathimah?kalau benar siti fathimah tidak mau berbai'at kenapa sebabnya?apa siti fathimah digolongkan kafir berdasarkan hadis-hadis mutawatir yang menyatakan bahwa barang siapa yang tidak mau berbai'at kepada imamnya sampai mati, maka mati dalam keadaan kafir, terus husein bin ali yang tidak berbai'at kepada yazid bin mu'awiyah lantas dipenggal kepalanya di padang karbala, apa lalu ia juga mati dalam keadaan kafir?saya dengar para ulama kebanyakan yang memfroklamirkan diri sebagai ahlussunnah wal jama'ah berpendapat bahwa husein bin ali mati dalam keadaan syahid, itu berarti ia benar dalam pendiriannya dan perbuatannya, nah kalau husein bin ali benar lantas yazid bin mu'awiyah dan para pengikutnya salah, tidak mungkin kedua-duanya benar tidak berdosa,bagaimana dengan hadis nabi yang mengatakan bahwa membunuh adalah dosa besar, dan masih banyak lagi fakta yang membuat bingung ummat denga jawaban para ulama yang berusaha menutup-nutupi permasalahan yang sebenarnya yang saling bertolak belakang (kontradiktif) dan berstandar ganda

Imam Ali bahkan menyruh Abu Bakar untuk mengimami kaum Muslimin dalam shalat mereka setelah wafatnya sang Rasul tercinta

baca disini:

http://www.lppimakassar.com/2013/05/kesepakatan-kaum-muslimin-setelah.html

Orang yang berangkat dari kecurigaan akan mengupas tuntas fragmen2 yg mendukung kecurigaannya, hati2ki LPPIM, carimaki syiah yang pasti, ba'jiki, masa qurai shihab dicari2 kelemahannya baru ditafsirkan sesukanya....Naballassiko nanti...

Pernyataan saudar anonim sesat...seseorang yang munafik itu jika bertobatbdengan sunguh2 pasti di ampuni allah...walaupun selalu berbuat baik kalo menyembah selain allah...walaupun tobatnya sungguh2 itu gk akan pernah di ampuni...jdi saudara yg bc ini bisa menilai yg baik atau tidak

Pangkat. gelar intelektual dan reputasi, bukanlah jaminan Quraish Shihab itu benar. Titik

"..surga terlalu luas sehingga tidak perlu memonopoli untuk diri sendiri.."
sebaiknya penulis shalat tahajud dan meminta ampun atas artikel "adu domba" ini..

sy senang disini banyak orang2 yg ingin menjaga ukhuwah islamiyah, tapi ingat kita juga harus bisa menyaring mana yg benar2 sesuai ajaran islam. Coba pelajari lah sejarah islam yg diriwayatkan secara mutawatir. bcalah buku buatan MUI tentang kesesatan syiah. saya harap saudar2 yg belum paham bisa mengerti kenapa kami berusaha keras menolak syiah.

Permintaan orang picik.

Poskan Komentar

Raih Amal Shaleh, Sebarkan Artikel Ini...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More