Akhirnya Kutinggalkan Syiah

Sebuah buku kecil yang diperuntukkan sebagai bacaan ringan bagi kalangan masyarakat muslim secara umum, diterjemahkan dari Rabihtu ash Shahabah wa lam Akhsar ala al Bait.
Buku ini menjelaskan bagaimana sang penulis memperoleh pencerahan tentang bagaimana syiah yang sesungguhnya dari sudut pandang hati nurani. Buku ini memaparkan berbagai ambiguitas, penyimpangan dan ‘kekonyolan’ ajaran syiah imamiyah yang diceritakan layaknya ‘buku harian’ oleh penulis yang telah dibesarkan dalam dogma ajaran ini. Kemudian sang penulis mulai menjajaki perjalanan rohani serta perjuangan yang membutuhkan ketegaran untuk berada dalam kebenaran.
Buku ini, tidak diperuntukkan untuk membahas secara tuntas mengenai penyimpangan syiah, karena topik tentang syiah memiliki varian yang banyak dan akar sejarah yang panjang serta tak dapat dipaparkan secara instan. Buku ini, merupakan jawaban bagi mereka yang membutuhkan penjelasan yang mudah dipahami oleh seluruh kalangan dan agar tak terjebak dalam propaganda kaum syiah yang sering menghalalkan taqiyah (berdusta untuk mengelabui lawan).
Buku ini dimulai dengan pemaparan penulis buku tentang kenangan dari masa lalunya. Inilah lembaran lembaran sejarah  kehidupan yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya. Pemikiran dan berbagai pertanyaan bergulat dalam kompetisi terberat, kompetisi antara kebenaran dan penyimpangan. Namun, ketegaran akan keyakinan bahwa segala sesuatu disisi Allah itulah yang lebih kekal, membawanya pada kebaikan dan hidayah.
Buku ini secara umum berisi tentang penyimpangan syiah yang mengusik diri sang penulis. Seperti ke’istimewa’an sang imam, acara penghinaan dan pengutukan terhadap sahabat Nabi saw., nikah mut’ah, serta berbagai kontradiksi tentang ajaran syiah yang telah lama dianut olehnya dan keluarganya. Selain itu, cerita-cerita tentang ‘kekonyolan’ ajaran syiah dan pengikutnya yang fanatik buta setidaknya akan membuat pembaca sedikit tergelitik, namun tetap menyentuh. Permasalahan mengenai imam mahdi serta perjuangan untuk menggapai hidayah tertuang dalam buku ini. Pembahasan dengan alur yang mengalir serta ‘intim’ membuat pembaca seolah membaca buku harian sang penulis untuk memperoleh hidayah.
Buku ini juga banyak mengutip kitab rujukan syiah yang pernah dipelajari sang penulis, sehingga tidak jarang referensi dan penjelasan juga disebutkan dalam  buku kecil ini. Sayangnya, buku ini tidak membahas secara  mendalam tentang berbagai penyimpangan ajaran syiah.
Untuk  mengetahui lebih dekat mengenai bagaimana ajaran syiah secara umum dengan penuturan yang mengalir dan mudah dipahami, buku ini cocok untuk menjadi bacaan anda!

Data buku:
Akhirnya Kutinggalkan Syiah: Testimony Tokoh Syiah. Oleh: Abu Khalifah Ali bin Muhammad Al Qudhaibi, penerjemah; Ganna Pryadharizal Anaedi, editor; tim pustaka imam ahmad, Jakarta, Pustaka Imam Ahmad, 2009. Xii + 110 hlm; 17,5 cm. Judul Asli: Rabihtu ash Shahabah wa lam Akhsar ala al Bait.
(Sulfandy/lppimakassar.com)

0 komentar:

Poskan Komentar

Raih Amal Shaleh, Sebarkan Artikel Ini...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More