Warga Jerman: Iran Lebih Bahaya Dibanding Israel


Hidayatullah.com—Hampir separuh dari warga Jerman menilai Iran lebih membahayakan keamanan dunia dibanding Israel. Begitu menurut hasil jajak pendapat yang dipublikasikan harian Jerman, lansir Reuters (22/04/2012).

Hasil jajak pendapat yang dimunculkan harian Die Welt am Sonntag bersama hasil wawancara panjang dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu itu menunjukkan, 48% warga Jerman menilai Iran sebagai negara yang paling berbahaya bagi perdamaian dunia. Sementara yang menilai Israel sebagai bahaya terbesar bagi dunia hanya 18 persen saja.

Di mata 22% rakyat Jerman, Iran dan Israel sama-sama berbahaya bagi keamanan dunia. Sementara sisanya memilih tidak menyatakan pendapatnya.

Lebih dari separuh responden percaya, program nuklir Iran berbahaya bagi Israel.
Hasil jajak pendapat oleh Infratest/DIMAP itu menunjukkan perbedaan pendapat antara warga dengan penyair Jerman penerima hadiah Nobel kesusastraan Gunther Grass, yang belum lama merilis puisi terbarunya berisi kecaman terhadap Israel yang dipandangnya membahayakan perdamaian dunia, dengan ambisinya menghancurkan Iran.


Puisi Grass dikecam sebagai anti Semit baik oleh Israel maupun politisi Jerman.
Di Jerman ada semacam tabu untuk mengkrtik negara Yahudi Israel, terkait “dosa” negara itu saat dipimpin Adolf Hitler yang katanya membantai jutaan warga Yahudi pada masa Perang Dunia II.*

Sumber: http://www.hidayatullah.com/read/22345/23/04/2012/warga-jerman:-iran-lebih-bahaya-dibanding-israel.html

0 komentar:

Posting Komentar

Raih Amal Shaleh, Sebarkan Artikel Ini...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More